Mengenal Kutu Caplak, Dampak dan Cara Mudah Menghilangkannya

Kutu caplak dianggap sebagai salah satu parasit yang sangat mengganggu kesehatan anjing.

Apalagi kutu caplak bisa menyebarkan berbagai bakter dan penyakit yang mempengaruhi kondisi tubuh anjing. Hal yang paling merugikan dari kutu ini karena bisa menghisap darah dalam jumlah yang cukup banyak dan waktu yang lama. Bahkan, kutu ini bisa hinggap dan berkembang biak dalam waktu yang cepat. Tentu saja ini akan sangat merugikan bagi anjing. Bila tidak mendapatkan perawatan serius maka anjing bisa saja terkena anemia atau kondisi kekurangan darah.

Kamu bisa saja melakukan berbagai cara untuk menghilangkan kutu caplak di permukaan kulit anjing. Namun, kutu ini sangat sulit untuk dicabut begitu saja. Bahkan, bila kamu melakukan kesalahan pada saat mencabut bisa saja seluruh bakteri dan virus tersebar dengan mudah pada bagian tubuh. Cara yang paling mudah tentu saja dengan melakukan perawatan berkala. Tetapi hal itu harus dilakukan pada saat anjing belum terkena kutu caplak. Kondisi ini yang membuat kamu harus melakukan berbagai cara untuk mencabut bahkan menghilangkan secara permanen.

menghilangkan kutu caplak

Kenali Terlebih Dahulu Karakter Kutu Caplak

Sebelum kamu mencoba untuk menghilangkan kutu caplak pada anjing sebaiknya kenali terlebih dahulu karakter dari parasit ini. Apalagi ini akan membantu kamu untuk menghilangkan dengan mudah dan menggunakan metode yang lebih ideal. Bahkan, karakter dari kutu caplak ini juga membuat kamu bisa menentukan perawatan hingga shampoo pembersih yang memang sangat dibutuhkan anjing. Karakter dari kutu caplak yang harus kamu tahu yaitu:

  1. Parasit penghisap darah

Ini merupakan karakter yang paling terlihat jelas. Kutu caplak merupakan parasit yang hinggap di tubuh anjing dan menghisap darah secara berlebihan. Kondisi seperti ini memang sering ditemui pada tubuh anjing yang tidak mendapatkan perawatan berkala. Pada awal hinggap sebenarnya kutu ini memiliki ukuran yang cukup kecil. Namun, tubuh kutu akan semakin membesar sesuai dengan jumlah darah yang dihisap. Semakin banyak darah yang dihisap maka ukuran dari kutu ini juga akan semakin membesar.

  1. Ada di bagian tersembunyi pada tubuh anjing

Kamu harus tahu bahwa kutu caplak terdapat pada bagian tubuh yang sangat tersembunyi. Ini merupakan cara kutu untuk hinggap dalam waktu yang cukup lama. Bagian tubuh pada anjing yang sering dihinggapi kutu seperti telinga, sendi kaki hingga leher. Kondisi seperti ini justru akan membuat anjing semakin tersiksa. Bahkan, pada waktu tertentu kutu ini bisa hinggap di celah jari anjing. Bila kutu ini sulit untuk dijangkau maka akan semakin leluasa untuk menghisap darah.

  1. Berkembangbiak sangat pesat

Karakter lain yang harus kamu ketahui adalah parasit ini bisa berkembangbiak dengan sangat pesat dan dalam jumlah yang banyak. Caplak yang berjenis kelamin jantan biasanya memiliki kondisi tubuh yang lebih baik. Bila proses pembuahan berhasil maka betina akan segera mencari tempat untuk bersembunyi dan meninggalkan banyak telur di permukaan kulit anjing. Telur yang berhasil di tempatkan itu biasanya berjumlah ratusan. Telur itu membutuhkan waktu beberapa hari saja untuk menetas.

  1. Penyebab rasa gatal pada anjing

Kutu ini menjadi salah satu penyebab rasa gatal yang berlebihan pada anjing. Bila kamu merasakan perubahan perilaku pada anjing seperti sering menggaruk maka bisa jadi terdapat banyak parasit. Bahkan, pada waktu tertentu bekas garukan yang dilakukan anjing akan meninggalkan luka. Bila hal ini terjadi justru akan membuat kondisi tubuh anjing semakin lebih buruk.

  1. Bisa menyebarkan bakteri atau virus dengan cepat

Pada saat parasit ini menghisap darah biasanya sekaligus menyebarkan bakteri atau virus dengan sangat cepat. Kondisi seperti ini akan membuat anjing merasakan gatal yang berlebihan. Pada kasus tertentu, bakteri atau virus yang disebarkan pada kutu ini juga membuat bulu anjing menjadi sangat lengket. Bila tidak dilakukan pembersihan maka bakteri dan virus itu bisa membuat permukaan kulit anjing memiliki bau yang sangat pekat.

 

Dampak Buruk Kutu Caplak yang Harus Kamu Tahu

Tentu saja kutu caplak memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan tubuh anjing secara menyeluruh. Bila kamu tidak melakukan tindakan segera mungkin anjing akan mengalami kekurangan darah yang sangat berlebihan. Pada beberapa kasus, kutu caplak juga bisa menyebabkan kematian. Hal ini dikarenakan kutu caplak memang sangat sulit untuk dihilangkan dengan metode konvensional. Proses perkembangbiakkan yang pesat juga akan merugikan kondisi tubuh anjing. Berikut ini dampak buruk dari kutu caplak di tubuh anjing yaitu:

  1. Bulu anjing menjadi lebih lengket

Ini merupakan salah satu dampak yang sangat buruk terjadi pada kondisi tubuh anjing. Kamu akan melihat bulu anjing terasa lebih lengket. Bahkan, pada bagian permukaan kulit anjing memiliki keringat yang berlebihan. Hal ini terjadi karena reaksi gatal yang berlebihan membuat kulit mengeluarkan keringat terlalu banyak.

  1. Aroma kulit anjing terasa lebih bau atau pekat

Kondisi permukaan kulit yang sangat tidak stabil saat dihinggap kutu caplak akan menimbulkan aroma tidak sedap atau bau berlebihan. Hal ini terjadi karena kutu itu juga menyebarkan virus atau bakteri yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit anjing.

  1. Anemia yang berlebihan

Bila kamu tidak melakukan perawatan atau tindakan pembersihan justru akan membuat kondisi tubuh semakin lebih buruk. Kutu yang terlalu berlebihan menghisap darah itu akan memberikan dampak anemia atau kekurangan darah pada anjing. Tentu saja hal ini membuat tubuh menjadi lebih lemas.

  1. Luka di bagian permukaan kulit

Gigitan pada kutu caplak akan meninggalkan bekas luka yang cukup buruk. Bahkan, luka itu akan memberikan rasa gatal pada permukaan kulit. Kondisi ini justru akan membuat anjing sering menggaruk. Bila tidak segera mendapatkan pengobatan maka luka itu akan mudah membesar.

  1. Kematian pada anjing

Pada kondisi tertentu dampak buruk dari kutu caplak bisa menyebabkan kematian. Hal ini tentu saja terjadi karena anjing yang mengalami anemia tidak mendapatkan tindakan perawatan secara intensif. Selain itu, perkembangan kutu caplak di bagian tubuh anjing terjadi secara berlebihan. Hal ini yang membuat penyebaran virus sangat mudah di tubuh anjing itu.

 

Cara Mudah Menghilangkan Kutu Caplak

Sebenarnya ada beberapa pilihan cara dan metode yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan kutu caplak dengan mudah. Namun, penerapan cara seperti ini juga harus disesuaikan dengan kondisi dari tubuh anjing itu sendiri. Selain itu, identifikasi infeksi yang terjadi dianggap akan mempengaruhi proses menghilangkan kutu caplak itu. Pastikan juga bahwa kamu melakukan cara ini dengan bantuan perlengkapan khusus. Berikut ini pilihan cara menghilangkan parasit kutu caplak yang bisa kamu coba seperti:

  1. Mencabut dengan pinset steril

Kamu bisa memulainya dengan menggunakan metode manual atau konvensional. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan pinset. Namun, cobalah mencabut kutu caplak dengan pinset yang steril. Hal ini untuk menghindari infeksi pada bagian bekas gigitan kutu yang berpotensi menjadi luka cukup buruk. Kamu harus ingat bahwa mencabut kutu dengan metode ini harus dilakukan dengan hati-hati.

  1. Mulai kompres kulit anjing dengan air hangat secara berkala

Lakukan kompres kulit anjing yang dihinggapi kutu dengan air hangat secara berkala. Bahkan, cara ini juga dilakukan untuk membersihkan bakteri atau virus yang menempel di bagian kulit.

  1. Bersihkan dengan shampoo khusus

Saat ini ada banyak pilihan shampoo khusus yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan bagian kulit anjing dari kutu caplak. Namun, kamu juga harus ingat bahwa masing-masing karakter anjing membutuhkan shampoo khusus. Pastikan bahwa kandungan shampoo itu tidak berbahaya bagi permukaan kulit anjing. Lakukan cara ini secara berkala untuk mengurangi kutu caplak dengan sangat cepat.

  1. Bawa ke dokter hewan segera untuk tindakan lebih lanjut

Bila kondisi kesehatan tubuh anjing semakin parah akibat anemia sebaiknya segera bawa ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan. Hal ini terjadi karena jumlah kutu caplak sudah terlalu berlebihan dan anjing mengalami kekurangan darah. Bahkan, virus dan bakteri yang menyebar juga terjadi sangat massif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: